Nature

slide

Technology

Friday, October 23, 2015

Faktor Gelap/Dark Factor

Faktor Gelap/Dark Factor



Faktor gelap/Dark Factor
Img: Hobi Burung

Faktor gelap/Dark Factor
Faktor gelap/Dark Factor  adalah dimana mutasi yang terjadi bukan disebabkan oleh penambahan pigmen eumelamin (pigmen hitam/gelap) tetapi ini terjadi karna perubahan/melebarnya Zona spons yang menyebabkan perubahan pada sruktur bulu, sehingga warna yang dipantulkan berubah menjadi lebih gelap. 
Perlu di ketahui disini bahwa Dark factor mewarisi  Incomplete  Dominant seperti layaknya Faktor violet, Ini berarti dua hal: 

1. Seekor burung hanya perlu mewarisi mutasi dari satu indukan untuk menunjukkan efek dari mutasi.Seekor burung yang membawa satu salinan mutasi disebut sebagai "satu faktor gelap/single factor (SF)" .
2. Seekor burung yang mewarisi mutasi dari KEDUA indukan, disebut sebagai "dua faktor gelap/double faktor (DF)", dua faktor gelap akan sangat terlihat berbeda dengan burung satu faktor gelap.


Mutasi dark factor ini terjadi secara langsung pada spesies agapornis Roseicollis, agapornis Taranta, dan agapornis Personata, namun untuk Agapornis Fischeri, Agapornis Lilianae (Nyasa), dan Agapornis Nigerigenis (Blackcheeked) terjadi karna transmutasi/perkawina silang dengan agapornis Personata.  .

Sekilas info:
Untuk penamaan orang luar biasanya menamakan mutasi dengan single dark factor (SF) dengan huruf “D” dan untuk doule dark factor (DF) dengan huruf “DD”.

Sebagai contoh:
Penamaan warna di seri Hijau
  • Green = Hijau standar/wild type/Hijau tanpa faktor gelap  "biasa kita sebut josan".
  • D Green = Hijau dengan satu faktor gelap/hijau tua (Jade) "sedikit sulit membedakan burung dengan satu faktor gelap dengan burung hijau standar silahkan lihat gambar untuk membedakan disini".
  • DD Green = Hijau dengan dua faktor gelap (olive).
Penamaan warna di seri Biru
  • Blue = Biru standar/Biru tanpa faktor gelap.
  • D Blue = Biru dengan satu faktor gelap (Cobalt).
  • DD Blue = Biru dengan dua faktor gelap/Batman/Hitam (Mauve).

Berikut ini adalah Rumusan dari  Dark Factor 



sangat tidak disarankan untuk menjodohkan Double Dark factor "DD" dengan Double Dark factor "DD" seperti: olive dengan olive atau mauve dengan mauve karna akan menghasilkan anakan dengan bulu yang  tidak sempurna seperti kusut atau tidak tersusun rapih dan juga mudah rontok.




-- Semoga bermanfaat --

No comments: